CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 16 April 2013

Analisis STP untuk Kartu AS dan Kartu Three



Kartu Three.
Segmentasi
Provider Three tergolong pemain baru di industri provider Indonesia yang sebelumnya telah ada nama-nama seperti Telkomsel dan Indosat. Untuk segmentasi dari segi demografis Three masih mencakup kota-kota besar dan yang padat penduduk. Sedangkan untuk daerah terpencil dan sepi hampir dipastikan tidak ada signal. Three sendiri sekarang  lebih fokus tehadap layanan data Internet. Pasar Three pun awalnya lebih fokus kepada kalangan remaja, karena pada saat awal beredar di pasar Three menawarkan jumlah bonus sms yang paling banyak dibandingkan provider yang lain. Tentunya ini sangat diminati oleh kalangan remaja, terlebih lagi Three memili keunggulan nomor tidak akan mati walaupun tidak ada aktifitas pengisian pulsa. Namun setelah ada peraturan mengenai pembatasan jumlah bonus sms disemua operator, Three mulai beralih ke layanan data internet. Fokus konsumen pun sekarang bukan hanya terpaku kepada kalangan remaja saja, namun kepada semua pemakai layanan data internet. Three menawarkan paket internet yang lebih murah serta kecepatan akses data yang cepat dibandingkan kompetitor provider GSM lainnya. Apalagi dengan diluncurkannya program ‘Always On’ konsumen dapat menikmati 10 situs populer full speed dengan gratis diantaranya adalah; Facebook, E-buddy, Google, Viva News dan lain-lain. Tentunya 10 situs tersebut adalah situs yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna internet.

Targeting
            Target dari Three pada awalnya adalah kalngan remaja dimana Three menawarakan lebih banyak bonus sms daripada kompetitornya. Walaupun sekarang jumlah bonus sms disemua provider dibatasi, namun Three tetap membidik kalangan remaja sebagai pangsa pasar utamanya, yaitu dengan layanan  data internet yang murah serta kecepatan akses data yang tinggi. Tentunya keunggulan ini yang dicari para remaja karena harga tidak terlalu tinggi, apalagi terhadap mahsiswa yang sekarang ini membutuhkan jaringan internet hampir setiap harinya. Ditambah adanya program ‘Always On’ dimana terdapat 10 situs populer yang dapat diakses secara gratis dan full speed yang salah satunya adalah situs jejaring sosial Facebook dan E-buddy dan search engine Google dimana ketiga situs tersebut adalah situs favorit dikalangan remaja.

Positioning
            Menentukan posisi dari provider di pasar merupakan hal yang sulit, karena setiap vendor memiliki kelebihan pada bidang masing-masing sehingga memiliki konsumen dengan kebutuhan yang berbeda pula. Namun jika ditinjau dari segi waktu kemunculan di pasar, Three tergolong follower karena sebelumnya telah ada Telkomsel dan Indosat yang terlebih dulu beredar di pasar. Namun Three sempat merebut pasar kalangan remaja dengan menawarkan jumlah bonus sms terbanyak, namun setelah ada peraturan pembatasan jumlah bonus sms disemua provider Three mulai merambah bidang layanan data internet dengan berbagai kelebihan dibandingkan provider lain. Pasar layanan data internet pun mulai dikuasi Three. Namun sayangnya tidak di semua wilayah terdapat pemancar signal Three sehingga sulit untuk menggunakan produk dari Three. Untuk saat ini jasa provider di Indonesia masih dikuasai Telkomsel karena memiliki tower signal di seluruh Indonesia termasuk di daerah pelosok meskipun fasilitas yang ditawarkan tidak semurah Three.









B. Analisis STP kartu As
1. Segmenting
Segmentasi dari kartu As sendiri dapat dilihat dari beberapa kategori atau variabel yang membedakan, jika dilihat dari demografis secara umum kartu As ini dapat di gunakan oleh laki-laki maupun perempuan, mulai dari dewasa sampai remaja hal ini juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang cepat sehingga remaja pun membutuhkan telepon seluler, tetapi secara khusus kartu As ditujukkan untuk melayani segmen pasar menengah ke bawah khususnya remaja dan pemakai pemula dapat dijangkau pula oleh orang yang berpenghasilan kurang tinggi karena kartu As menawarkan tarif yang murah untuk menelepon maupun SMS. Jika kita lihat dari segi geografisnya, segmentasi kartu As ini bisa menyebar ke kota maupun desa karena telkomsel, kartu As khususnya memiliki jangkauan jaringan yang luas.
2. Targeting
Target dari produk ini adalah lebih pada pelajar dan  mahasiswa karena biaya yang murah untuk sekedar telepon maupun SMS. Karena harga per SMS maupun telepon cukup murah maka target utamanya adalah remaja semua kalangan.
3.Positioning
penentuan posisi yaitu nilai lebih yang dimiliki oleh kartu prabayar As dibanding dengan pesaing yang tertanam di benak pelanggan. Dari iklan Kartu As ingin menanamkan dibenak konsumen bahwa bahwa jika menggunakan kartu As maka apapun aktifitas yang dilakukan menggunakan kartu As tidak akan terganggu. Dengan slogan "Jangkauan Terluas dan Kualitas Terbaik" telkomsel kian hari makin memanjakan konsumennya dengan berbagai fitur serta tarif yang sangat murah dan tentunya dengan service yang memuaskan sehingga konsumen menjadi lebih setia menggunakan kartu prabayar dari telkomsel. Untuk market position, menurut saya merupakan market leader karena lebih memiliki citra yang baik di masyarakat atas produknya, lebih diminati oleh masyarakat dan lebih mudah dijangkau bagi kalangan menengah kebawah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar