CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 09 Maret 2013

Soal dan Jawaban Perbankan Internasional



Soal – soal Perbankan Internasional
Lita Mardiana / A10110079 /manajemen 2
---
1.      Ciri – ciri Perbankan Internasional : Global Market, Bank Devisa, Transaksi dalam mata uang asing, memiliki bank koresponden.
2.      Apa yang dimaksud Bank Koresponden ? yaitu hubungan  keagenan yang dituangkan dalam perjanjian yang saling menguntungkan (reciprocal business) antara satu bank dengan bank lain, baik dalam negeri maupun luar negeri untuk saling memberikan jasa atau melakukan transaksi untuk nama baik yang berkepentingan (saling meng-ageni)
3.      Sebutkan dan jelaskan kedua jenis hubungan bank koresponden ! Ada Depcor (depository correspondent) dan non- Depcor. Untuk yang Depcor tahapan pembukaanya yaitu pertama mengadakan perjanjian keagenan, kedua saling tukar menukar tanda tangan pejabat yang berwenang menandatangani dokumen/ surat berharga, ketiga saling menukar password atau kata sandi dalam membuktikan keaslian dok/pesan baik melalui system local maupun internasional, keempat pembukaan rekening kelima line of credit. Non-Depcor tahapan pembukaanya yaitu yang pertama mengadakan perjanjian keagenan kemudian yang kedua saling tukar menukar tanda tangan pejabat yang berwenang menandatangani dokumen atau surat berharga tersebut, ketiga saling menukar password atau kata sandi dalam membuktikan keaslian dok/pesan baik melalui system local maupun internasional,
4.      Sebutkan dan jelaskan ketiga jenis hubungan rekening koresponden ! Rekening koresponden ada 3 yaitu:
a.      Nostro account yaitu rekening suatu bank dlm valuta asing maupun valuta local yang disimpan pada bank korespondenya di dalam negeri ataupun diluar negeri (our money with you)
b.      Vostro Account yaitu Rekening bank koresponden dalam valuta asing maupun valuta local yang disimpan pada suatu bank si dalam negeri maupun di luar negeri (your money with us )
c.       Loro Account yaitu their money with us.
5.      Apa syarat – syarat pemilihan bank korsponden ?
a.      Performance /credibility dalam artian kesehatan kinerja bank.
b.      Network/jaringan
c.       Services & product
d.      Speed
e.      Accuracy
f.        Pricing
6.      Apa yang dimaksud ‘nilai ekonomis’ dalam valuta asing? Yaitu memiliki nilai jual karena dapat di jual belikan serta dapat menghasilkan keuntungan atau profit.
7.      Apa yang dimaksud dengan kurs? Yaitu nilai tukar satu mata uang terhadap mata uang asing.
8.      Apa yang dimaksud dengan “two way market price” ? didalam pasar terdapat dua harga pasar yaitu harga jual dan harga beli ( selling rate and buying rate)
9.      Apa yang dimaksud dengan devisa? Yaitu saldo rekening banktermasuk uang kertas dalam valuta asing yang memilikicatatan kurs pada bank Indonesia dan tidak termasuk coins.
10. Sebutkan dan jelaskan jenis devisa ! terdapat dua jenis devisa yaitu devisa tunai dan devisa non-tunai, di dalam devisa non- tunai terdapat dua jenis devisa yaitu devisa ready dan devisa non-ready.
a.      Devisa Ready. Yaitu devisa yang telah di kreditkan kedalam rekening bank dan siap untuk di pergunakan dalam transaksi bisnis.
b.      Devisa Non Ready.yaitu devisa yang belum di kreditkan ke dalam rekening bank dan masih dalam proses penagihan atau masih menunggu jatuh waktu untuk dapat di pergunakan. Contoh devisa non Ready yaitu piutang untuk user L/C, Said L/C.
c.       Devisa Tunai. Yaitu devisa yang berupa uang kertas asing (bank notes) yang mempunyai catatan kurs dari bank Indonesia.
11.  USD / IDR 9770/75 artinya 1 USD beli 9770 dan 1 USD jual 9775 dan yang termasuk “Best Curency yaitu USD” yang termasuk “Quote Currency yaitu IDR”
12. Perbedaan “USD sebagai Reffrence Currency” dan “non- USD sebagai Refference Currency” ?
a.      “USD sebagai Reffrence Currency” berperan sebagai “Best Currency” sehingga ditulis di depan contoh USD / IDR , USD / HKD.
b.      “non- USD sebagai Refference Currency” berperan sebagai “Quote Currency” sehingga di tulis di belakang 4 mata uang yaitu EUR/ USD, GBP/ USD, AUD/USD, NZD/USD.
13. Perbedaan antara Kurs TT dan Kurs Cash ?
a.      Kurs TT yaitu kurs beli dan atau kurs jual yang digunaka untuk devisa non- tunai (rekening bank)
b.      Kurs Cash yaitu kurs yang digunakan untuk jual/ beli uang kertas asing(bank notes) atau devisa tunai.
14. Apa yang dimaksud dengan bak devisa? Bank devisa adalah bank yang telah mendapat surat penunjukan dari Bank Indonesia untuk dapat melakukan kegiatan usaha perbankan dalam valuta asing.
15. Apa yang dimaskud dengan transaksi devisa? Yaitu transaksi bisnis lembaga keuangan dalam valuta asing.
16. Contoh devisa non tunai yaitu : giro, deposito, tabungan
17. Contoh devisa tunai yaitu : bank notes (uang kertas asing)
18. Kata lain dari selling price yaitu: Bid Price
19. Kata lain dari buying price yaitu: Ask Price
20. Manfaat bank koresponden yaitu :
a.      Memperluas network/jaringan yang secara otomatis akan memperluas pelayanan.
b.      Meningkatkan pelayanan kepada nasabah untuk berbagai jenis transaksi perbankan.
c.       Adanya keuntungan timbale balik/ reciprocal Bussiness.
21. Sebutkan dan jelaskan 4 jenis perbankan Internasional !
a.      Bank Koresponden: kantor cabang bak devisa membuka hubungan koresponden dengan bank lain (bank yang didirikan di Negara tsb) yang berada di luar negeri, dimana fungsi bank tersebut sebagai agen dari bank devisa yang membantu dalam transaksi jasa keuangan.
b.      Representative Office/ Kantor Perwakilan : Bank devisa membuka kantor perwakilanya di luar negeri guna membantu MNC yang merupakan nasabahnyauntuk bertransaksi di Negara tersebut dan berdasarkan perhitungan cost dan benefit lebih menguntungkan.
c.       Foreign Branches /Cabang2 luar negeri: Bank devisa        membuka kantor - kantor cabangnya di luar negeri  beroperasi seperti bank lokal, tetapi secara hukum        adalah bagian dari bank induk.
d.      Subsidiary and Affiliate Banks/ Bank2 subsidiari &         afiliasi. Bank subsidiari: bank patungan yang secara     keseluruhan dimiliki atau secara mayoritas dimiliki oleh induk asing. Bank afiliasi: bank yang hanya secara       parsial dimiliki tetapi tidak dikontrol oleh induk asingnya.
22. Mengapa perbankan Internasional termasuk perusahaan Multinasional Entreprises (MNE) jelaskan! : karena mempunyai gobal market sehingga transaksinya value asing serta perusahaan yang beroperasi melampaui batas-batas wilayah suatu negara. Contoh MNE di luar perbankan yaitu Coca –Cola, Unilever Jaco dll.
23. Apa yang menjadi pertimbangan Perbankan untuk masuk ke global market?
Karena nasabahnya sudah melakukan transaksi valuta asing atau global market sehingga sudah menjadi tuntutan pangsa pasar.

Contoh perhitungan kurs
KURS CASH = USD/IDR =  9202 – 9210
BILA WALKING CUSTOMER AKAN MENUKARKAN  BANK NOTES USD 2,000 KEPADA BANK BJB DG KURS CASH TSB DIATAS. BERAPAKAH UANG RUPIAH YANG AKAN DITERIMANYA?
Jawabanya : SEBESAR 9202 X 2000 = IDR 18.404.000,-
Pada intinya apabila tunai itu berarti KURS CASH dan apabila non-tunai seperti tabungan, giro dll termasuk KURS TT. Untuk menjawab pertanyaan hitungan dan mempermudah cara penentuan itu KURS CASH atau KURS TT anggap saja kita sebagai Pihak Bank.
a.      Apabila Customer menukarkan dan pihak bank membayarkan IDR kepada Costumer berarti Kurs Cash Beli.
b.      Apabila Costumer membeli dan ada IDR yang harus dibayarkan ke Bank ituberarti Kurs Cash Jual.
c.       Apabila mencairkan atau berupa apapun dengan deposito, giro dll dan pihak bank membayarkan berarti KUrs TT beli.
d.      Apabila akan membuka atau semacam apapun itu dengan giro,tabungan,deposito dll apabila costumer membayar ke bank berarti Kurs TT jual.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar