AnalisisIklanPepsodentoleh PT. Unilever Indonesia
Pasta gigiPepsodent merupakan salah satu barang jadi yang
diproduksi oleh PT. Unilever Indonesia yang iklannya saya pilih untuk menjadi
bahan analisa STP (Segmentation, Targetting, Positioning) .memberikan formula
yang beragam mengatasi masalah yang ada pada gigi dengan tekstur rasa mind yang
baik dipakai dari anak-anak sampai orang dewasa.
Segmentasi (Segmentation)
“Market segmentation is the process of breaking a
heterogeneous group of potential buyer into smaller homogeneous groups of
buyer, that is with relatively similar buying characteristics or needs”. Dengan
kata lain segmentasi pasar merupakan suatu aktivita smembagi atau
mengelompokkan pasar yang heterogen menjadi pasar yang homogeny atau memiliki
kesamaan dalam hal minat, daya beli, geografi, perilaku pembelian maupun gaya
hidup. Segmentasi adalah seni untuk mengidentifikasi dan menggambarkan dengan
tepat kesempatan yang berkembang di pasar. Pada saat bersamaan, segmentasi adalah
ilmu untuk memandang pasar berdasarkan variable geografi, demografi,
psikografi, dan perilaku (Kotler,2003).
Ada lima dasar umum untuk segmentasi pasar (Solomon, 2003):
a. Geografis merupakan pembagian pasar menjadi unit-unit
geografis yang berbeda, misalnya wilayah ,negara, Negara bagian, propinsi,
kota, dan kepulauan.
b. Demografis adalah pasar yang dikelompokkan berdasarkan
variabel-variabel usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan, ukuran keluarga,
agama, ras, kelas sosial, dan kewarganegaraan.
c. Psikografis mengelompokkan pasar dalam variable gaya
hidup, nilai, kepentingan, dan sebagainya. Pada segmentasi ini pembeli dibagi
menjadi kelompok-kelompok berdasarkan :
• Gaya
hidup, misalnya modern, tradisional, kuno, boros, hemat, mewah, dsb.
• Sikap,
kejadian, manfaat, serta guna : misalnya penggemar, pecandu, atau pemerhati
suatu produk.
Pepsodent ini juga menawarkan beberapa varian untuk
mengatasi semua masalah gigi, misalnya:
• Pepsodent
Gigi Susu Orange dan Fruity Susu Strawberry Fruity khusus untuk gigi susu anak
dengan rasa Orange dan Strawberry diperkaya dengan kandungan fluoride untuk
mencegah gigi berlubang dalam jumlah
yang aman untu kanak-anak, terutama bila tidak sengaja tertelan, juga
mengandung kalsium susu untuk membantu pertumbuhan gigi anak.
• Pepsodent
Sensitive Expert untuk menghilangkan rasa ngilu dengan cepat pada gigi dan gusi
sensitive.
• Pepsodent
Complete 8 yang memberikan 8 aksi perlindungan untuk mengatasi masalah gigi dan
gusi yang sering ditemukan oleh dokter gigi.
• Pepsodent
Complete + Gum Care untuk perawatan terbaik dan menyeluruh kesehatan mulut
keluarga, terutama mengurangi gusi berdarah dan menghambat pembentukan karang
gigi.
• Pepsodent
White Now untuk memberikan efek gigi tampak lebih putih segera setelah satu
kali menyikat gigi.
• Pepsodent
Whitening untuk membuat gigi sehat dan tampak lebih putih alami dalam 2 minggu.
• Pepsodent
Center Fresh untuk memberikan sensasi extra segar dan pencegah gigi berlubang.
• Pepsodent
Herbal untuk mendapatkan formulasi yang lebih lembut karena diperkaya oleh
kombinasi bahan alami dan bahan yang diproses secara ilmiah untuk gigi tetap
kuat, dan gusi tetap sehat serta mulut tetap segar.
• PepsodentAnticavity
untuk melindungi gigi selama 12 jam mencegah gigi berlubang.
• Pepsodent
Action 123 untuk mencegah gigi berlubang, gigi tampak putih dan nafas segar
bias memakai 3 keunggulan dalam 1 pasta gigi.
• PepsodentPencegah
Gigi Berlubang untuk membantu memperbaiki lubang kecil tak kasat mata untuk
mempertahankan kekuatan gigi lebih lama.
• PepsodentPencegah
Gigi Berlubang varian Fresh Cool Mint untuk mendapatkan sensasi lebih segar
dalam perlindungan 12 jam mencegah gigi berlubang.
d. Perilaku membagi kelompok berdasarkan status pemakai,
menggunakan produk untuk loyalitas merk, tingkat penggunaan, status kesetiaan,
dan sikap. Banyak pemasar yakin bahwa variable tingkah laku merupakan awal
paling baik untuk membentuk segmen pasar. Contohnyaseperti yang sudah dikenal
yaitu pasta gigi keluarga.
e. Manfaat mengklasifikasikan pasar berdasarkan atribut
(nilai) atau manfaat yang terkandung dalam suatu produk. Konsumen akan mencari
produk yang menyediakan manfaat khusus untuk memuaskan kebutuhannya.
Target (Targetting)
Targetting merupakan proses mengevaluasi dan memilih satu
atau beberapa segmen pasar yang dinilai paling menarik untuk dilayani dengan
program pemasaran spesifik pemasaran. Kriteria evaluasi yang digunakan meliputi
ukuran dan potensi perubahan segmen, karakteristik struktual segmen dan
kesesuaian antara produk dan pasar (Simanjuntak,2005).
Dalam iklan pepsodent ini memiliki beberapacerita yang
menceritakan seorang ayah yang mengajarkan anaknya untuk selalu menyikat gigi
sesudah makan dan sebelum tidur agar terhindar dari kuman dan mulut atau gigi
tidak menjadi sarang kuman. Dengan secara tidak langsung, iklan ini juga
mengajarkan kepada konsumen yang menonton terlebih kepada anak-anak agar
mengetahui begitu pentingnya menyikat gigi. Dengan melihat tokoh yang
ditayangkan dalam iklan Pepsodent terlihat bahwa target market dari produk
Pepsodent adalah seluruh anggota keluarga dari yang dewasa hingga anak-anak,
karena tokoh keluargalah yang ditayangkan lebih dominan dalam iklan Pepsodent.
Posisi (Positioning)
Positioning adalah konsep pemasaran yang menguraikan bisnis
apa yang harus dilakukan untuk memasarkan produk atau jasa kepada pelanggan.
Dalam posisi, departemen pemasaran menciptakan gambar untuk produk berdasarkan
audiens yang dimaksudkan. Hal ini diciptakan melalui penggunaan promosi, harga,
tempat dan produk. Semakin intens strategi positioning, biasanya strategi yang
lebih efektif pemasaran untuk sebuah perusahaan. Sebuah strategi positioning
yang baik mengangkat upaya pemasaran dan membantu langkah pembeli dari
pengetahuan tentang suatu produk atau jasa untuk pembelian (rangkuti, 1997)
Saat ini pepsodent membuat terobosan baru yang menciptakan
produk yang dapat membantu para pemakainnya untuk semua masalah gigi. Yang
semula hanya pencegahan gigi berlubang, dan kini ada terobosan baru untuk orang
dewasa seperti dapat dibilang kakek nenek yang permasalahan giginya adalah
mulai tidak kuatnya untuk memakan sesuatu yang tertentu.
Pepsodent pun lebih mendekatkan produknya melalui turun
lapangan, atau bias di bilang mengiklankan produknya melalui masyarakat
langsung. Seperti saat ini mendatangi sekolah-sekolah untuk mengajari bagaimana
cara menyikat gigi dengan benar, kapan harus menyikat gigi, dan merawat gigi.
Acara ini dikhususkan untuk anak SD, selain itu ada acara games juga. Selain
itu pepsodent juga mengadakan acara yang memberangkatkan keluarga ke Pulau Bali
tetapi dengan syarat mengirim surat melalui pos yang berceritakan tentang
mengajak anaknya untuk menyikat gigi. Dan itu dapat diterapkan pada iklan
pepsodent selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar