CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 16 April 2013

Analisis STP ( Targetting Positioning) Unilever


AnalisisIklanPepsodentoleh PT. Unilever Indonesia
Pasta gigiPepsodent merupakan salah satu barang jadi yang diproduksi oleh PT. Unilever Indonesia yang iklannya saya pilih untuk menjadi bahan analisa STP (Segmentation, Targetting, Positioning) .memberikan formula yang beragam mengatasi masalah yang ada pada gigi dengan tekstur rasa mind yang baik dipakai dari anak-anak sampai orang dewasa.
Segmentasi (Segmentation)
“Market segmentation is the process of breaking a heterogeneous group of potential buyer into smaller homogeneous groups of buyer, that is with relatively similar buying characteristics or needs”. Dengan kata lain segmentasi pasar merupakan suatu aktivita smembagi atau mengelompokkan pasar yang heterogen menjadi pasar yang homogeny atau memiliki kesamaan dalam hal minat, daya beli, geografi, perilaku pembelian maupun gaya hidup. Segmentasi adalah seni untuk mengidentifikasi dan menggambarkan dengan tepat kesempatan yang berkembang di pasar. Pada saat bersamaan, segmentasi adalah ilmu untuk memandang pasar berdasarkan variable geografi, demografi, psikografi, dan perilaku (Kotler,2003).
Ada lima dasar umum untuk segmentasi pasar (Solomon, 2003):
a. Geografis merupakan pembagian pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda, misalnya wilayah ,negara, Negara bagian, propinsi, kota, dan kepulauan.
b. Demografis adalah pasar yang dikelompokkan berdasarkan variabel-variabel usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan, ukuran keluarga, agama, ras, kelas sosial, dan kewarganegaraan.
c. Psikografis mengelompokkan pasar dalam variable gaya hidup, nilai, kepentingan, dan sebagainya. Pada segmentasi ini pembeli dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan :
•             Gaya hidup, misalnya modern, tradisional, kuno, boros, hemat, mewah, dsb.
•             Sikap, kejadian, manfaat, serta guna : misalnya penggemar, pecandu, atau pemerhati suatu produk.
Pepsodent ini juga menawarkan beberapa varian untuk mengatasi semua masalah gigi, misalnya:
•             Pepsodent Gigi Susu Orange dan Fruity Susu Strawberry Fruity khusus untuk gigi susu anak dengan rasa Orange dan Strawberry diperkaya dengan kandungan fluoride untuk mencegah gigi berlubang dalam  jumlah yang aman untu kanak-anak, terutama bila tidak sengaja tertelan, juga mengandung kalsium susu untuk membantu pertumbuhan gigi anak.
•             Pepsodent Sensitive Expert untuk menghilangkan rasa ngilu dengan cepat pada gigi dan gusi sensitive.
•             Pepsodent Complete 8 yang memberikan 8 aksi perlindungan untuk mengatasi masalah gigi dan gusi yang sering ditemukan oleh dokter gigi.
•             Pepsodent Complete + Gum Care untuk perawatan terbaik dan menyeluruh kesehatan mulut keluarga, terutama mengurangi gusi berdarah dan menghambat pembentukan karang gigi.
•             Pepsodent White Now untuk memberikan efek gigi tampak lebih putih segera setelah satu kali menyikat gigi.
•             Pepsodent Whitening untuk membuat gigi sehat dan tampak lebih putih alami dalam 2 minggu.
•             Pepsodent Center Fresh untuk memberikan sensasi extra segar dan pencegah gigi berlubang.
•             Pepsodent Herbal untuk mendapatkan formulasi yang lebih lembut karena diperkaya oleh kombinasi bahan alami dan bahan yang diproses secara ilmiah untuk gigi tetap kuat, dan gusi tetap sehat serta mulut tetap segar.
•             PepsodentAnticavity untuk melindungi gigi selama 12 jam mencegah gigi berlubang.
•             Pepsodent Action 123 untuk mencegah gigi berlubang, gigi tampak putih dan nafas segar bias memakai 3 keunggulan dalam 1 pasta gigi.
•             PepsodentPencegah Gigi Berlubang untuk membantu memperbaiki lubang kecil tak kasat mata untuk mempertahankan kekuatan gigi lebih lama.
•             PepsodentPencegah Gigi Berlubang varian Fresh Cool Mint untuk mendapatkan sensasi lebih segar dalam perlindungan 12 jam mencegah gigi berlubang.

d. Perilaku membagi kelompok berdasarkan status pemakai, menggunakan produk untuk loyalitas merk, tingkat penggunaan, status kesetiaan, dan sikap. Banyak pemasar yakin bahwa variable tingkah laku merupakan awal paling baik untuk membentuk segmen pasar. Contohnyaseperti yang sudah dikenal yaitu pasta gigi keluarga.
e. Manfaat mengklasifikasikan pasar berdasarkan atribut (nilai) atau manfaat yang terkandung dalam suatu produk. Konsumen akan mencari produk yang menyediakan manfaat khusus untuk memuaskan kebutuhannya.
Target (Targetting)
Targetting merupakan proses mengevaluasi dan memilih satu atau beberapa segmen pasar yang dinilai paling menarik untuk dilayani dengan program pemasaran spesifik pemasaran. Kriteria evaluasi yang digunakan meliputi ukuran dan potensi perubahan segmen, karakteristik struktual segmen dan kesesuaian antara produk dan pasar (Simanjuntak,2005).
Dalam iklan pepsodent ini memiliki beberapacerita yang menceritakan seorang ayah yang mengajarkan anaknya untuk selalu menyikat gigi sesudah makan dan sebelum tidur agar terhindar dari kuman dan mulut atau gigi tidak menjadi sarang kuman. Dengan secara tidak langsung, iklan ini juga mengajarkan kepada konsumen yang menonton terlebih kepada anak-anak agar mengetahui begitu pentingnya menyikat gigi. Dengan melihat tokoh yang ditayangkan dalam iklan Pepsodent terlihat bahwa target market dari produk Pepsodent adalah seluruh anggota keluarga dari yang dewasa hingga anak-anak, karena tokoh keluargalah yang ditayangkan lebih dominan dalam iklan Pepsodent.

 Posisi (Positioning)
Positioning adalah konsep pemasaran yang menguraikan bisnis apa yang harus dilakukan untuk memasarkan produk atau jasa kepada pelanggan. Dalam posisi, departemen pemasaran menciptakan gambar untuk produk berdasarkan audiens yang dimaksudkan. Hal ini diciptakan melalui penggunaan promosi, harga, tempat dan produk. Semakin intens strategi positioning, biasanya strategi yang lebih efektif pemasaran untuk sebuah perusahaan. Sebuah strategi positioning yang baik mengangkat upaya pemasaran dan membantu langkah pembeli dari pengetahuan tentang suatu produk atau jasa untuk pembelian (rangkuti, 1997)
Saat ini pepsodent membuat terobosan baru yang menciptakan produk yang dapat membantu para pemakainnya untuk semua masalah gigi. Yang semula hanya pencegahan gigi berlubang, dan kini ada terobosan baru untuk orang dewasa seperti dapat dibilang kakek nenek yang permasalahan giginya adalah mulai tidak kuatnya untuk memakan sesuatu yang tertentu.
Pepsodent pun lebih mendekatkan produknya melalui turun lapangan, atau bias di bilang mengiklankan produknya melalui masyarakat langsung. Seperti saat ini mendatangi sekolah-sekolah untuk mengajari bagaimana cara menyikat gigi dengan benar, kapan harus menyikat gigi, dan merawat gigi. Acara ini dikhususkan untuk anak SD, selain itu ada acara games juga. Selain itu pepsodent juga mengadakan acara yang memberangkatkan keluarga ke Pulau Bali tetapi dengan syarat mengirim surat melalui pos yang berceritakan tentang mengajak anaknya untuk menyikat gigi. Dan itu dapat diterapkan pada iklan pepsodent selanjutnya.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar