CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Jumat, 07 September 2012

Desa Sukaresmi Kecamatan Rancabali



DESA SUKARESMI, KECAMATAN RANCABALI, KABUPATEN BANDUNG

Daerah Indonesia wilayah Jawa Barat khususnya desa Sukaresmi kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung masih jauh tertinggal dibandingkan wilayah Jawa Barat yang sudah memasuki wilayah Kota Bandung. Selain jauh dari pusat pemerintahan,  pembangunan juga masih relative lambat termasuk sector infrastruktur. Masalah-masalah klasik yang ada diwilayah  ini antara lain keterbatasan kualitas SDM, Sumberdaya keuangan, terbatasnya infra struktur/sarana dan prasarana, serta  ketertinggalan teknologi. Dari hasil penelitian kualitas SDM dan Teknologi yang bila dirubah sedikit saja sistem secara keseluruhan akan berubah, factor tekhnologi juga sangat berperan penting dalam pemberdayaan Sumber Daya Manusia .
Dari kecamatan Rancabali untuk menuju ke desa Sukaresmi  dapat ditempuh dengan jarak ± 11 km dan untuk menuju ke kabupaten Bandung dapat di tempuh dengan jarak 42 km. Jalan yang dilalui untuk menuju ke desa Sukaresmi cukup bagus, dan di suguhi dengan pemandangan perkebunan teh. Untuk menuju ke Pasar atau pusat perdagangan warga Sukaresmi harus menempuh jalan ± 20 km ke kawasan pasar Ciwidey. Untuk ke pelabuhan , harus menempuh jarak ± 60 km ke daerah Cidaun. Desa Sukaresmi ini berada di daerah perbukitan / pegunungan.
Jalanan yang dilewati sangatlah jauh untuk dapat ditempuh, terjal, dan sangat berbelok. Apalagi sudah memasuki daerah desa sukaresminya.Berapa meter sebelum ada rumah warga sampai ke dalam desa sukaresmi sudah disambut dengan jalanan yang rusak dan cukup sempit. Apalagi kalau datangnya pada hari senin, dimana pada hari senin itu di depan kantor kepala desa diadakan pasar tumpah sehingga semakin mempersempit jalanan tersebut.
Di Desa Sukaresmi ini cocok untuk tempat wisata , akan tetapi sarana dan prasarananya belum memadai, menurut kepala desa Sukaresmi memang ada seperti tempat wisata tetapi tidak menjadi sumber penghasilan untuk Desa Sukaresmi. Desa Sukaresmi ini juga terdapat kawasan Bantaran Sungai dan konservasi alam yaitu kawasan hutan lindung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar