Rabu, 17 April 2013

Jawaban UTS Manajemen Sumber Daya Manusia 2008 STIE EKUITAS



1.      Mengapa penting untuk perusahaan masa kini membuat sumber daya manusia mereka menjadi keuntungan kompetitif ? Jelaskan bagaimana SDM dapat berkontribusi untuk melakukan hal ini.

Ø  Kebutuhan atas keterukuran diwujudkan dalam beberapa cara. Pertama, Manajer SDM membutuhkan satu set ukuran kinerja kuantitatif (metrics) yang dapat mereka gunakan untuk menilai kegiatan. Bagaimanapun, pengukuran kinerja SDM membutuhkan lebih dari sekedar standar pengukuran kinerja SDM yang ada saat ini. Manajemen puncak butuh dan mengharapkan informasi lebih jauh. Lebih jauh, beberapa hal lebih mudah diukur dari lainnya. ”Contohnya, kata seorang eksekutif SDM, ” kita semua tahu biaya berhubungan dengan perputaran uang. Dan kebijakan SDM dapat dengan pasti mengubah rata-rata perputaran kita. Dan kita dapat dengan mudah menghitung nilai (dari ini), karena ada beberapa biaya yang sangat jelas dan dapat dihitung yang berhubungan dengan penempatan kembali karyawan kita yang hilang.
Ø  Manajemen Pada akhirnya menilai fungsi SDM dan inisiatifnya berdasarkan apakah SDM menciptakan nilai bagi perusahaan, dimana ”penciptaan nilai” berarti kontribusi yang terukur dalam mencapai tujuan strategis perusahaan. SDM menciptakan nilai dengan membuat aktivitas yang menghasilkan perilaku karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan strategis. Para Manajer sering menggunakan Kartu Nilai SDM untuk mengukur efektivitas dan efisiensi fungsi SDM dalam menghasilkan perilaku karyawan dan juga dalam pencapaian tujuan strategis perusahaan.

2.      Apa perbedaan antara perlakuan berbeda dengan damapak berbeda ?
Jawab:
      Perlakuan berbeda berarti diskriminasi yang terencana. Sedangkan dampak berbeda yaitu tidak disengaja.



3.      Apa perbedaan antara strategi, visi, dan misi? Berikan masing-masing satu contoh.
·         Misi adalah mengomunikasikan siapa perusahaan tersebut,apa yang dilakukannya dan dimana dia dapat memimpin. Contohnya : komisi energi California adalah “menilai dan bertindak melalui kerja sama public dan swasta untuk meningkatkan system energy yang menunjang ekonomi yg kuat dan lingkungan yang sehat.
·         Visi adalah pernyataan umum tentang tujuan yg direncanakan yg merupakan sumber perasaaan emosional anggota organisasi. Contohnya : komisi ini sebagai perbandingan adalah “agar California memiliki pilihan energy yg terjangkau, terpecaya, beraneka ragam, aman dan dapat diterima oleh lingkungan.
·         Strategi adalah rencana jangka panjang perusahaan mengenai bagaimana perusahaan akan menyeimbang kekuatan dan kelemahannya, kesempatan eksternal dan ancaman yg dihadapinya untuk menjaga keuntungan kompetitif. Contohnya : dia menunjukan bagaimana bisnis akan bergerak dari bisnis saat ini ke bisnis yg diiinginkan (seperti yanf dinyatakan di misi dan visi) kesempatan dan ancaman serta kekuatan dan kelemahan internalnya.

4.      Apa yang dimaksud dengan analisis pekerja
5.      an? Bagaimana Anda dapat menggunakan informasi hasil analisis tersebut?
Jawab:
Analisis pekerjaan adalah Prosedur untuk menentukan tanggung jawab dan persyaratan keterampilan yang dibutuhkan dari pekerjaan dan jenis orang yang harus dipekerjakan untuk pekerjaan tersebut. Berdasarkan analisis pekerjaan yang dilakukan, kita dapat mengetahui bagaimana mengenai perekrutan dan penyeleksian yang fumgsinya untuk memberikan informasi mengenai kebutuhan pekerjaan dan karakteristik manusia yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas pekerjaan. Kompensasi sangat penting untuk digunakan memperkirakan nilai dari setiap pekerjaan dan kompensasi yang tepat. Penilaian untuk membandingkan prestasi dari setiap karyawan dengan standar prestasi dari perusahaan tersebut. Pelatihan untuk memberikan gambaran tentang aktivitas, keterampilan dan pelatihan yang dibutuhkan oleh pekerjaan tersebut. Menentukan kewajiban yang tidak ditugaskan dapat membantu mengungkapkan kewajiban yang belum ditugaskan. Memenuhi EEO dapat digunakan untuk memvalidasi semua aktivitas dan kegiatan semua aktivitas karyawan.

6.      Jelaskan pro dan kontra dari lima sumber calon karyawan?
Jawab:
Para perekrut dapat sangat berguna. Mereka memiliki banyak kontak dan sangat mahir dalam menghubungi calon karyawan yang memenuhi syarat yang saat ini telah bekerja, yang secara tidak aktif mencari pekerjaan untuk mengibah pekerjaannya. Mereka juga dapat mempertahankan kerahasiaan nama perusahaan Anda dalam proses pencarian. Perekrut seperti ini dapat menghemat waktu manajeman puncak bila mengiklankan posisi yang dibutuhkan dan menyaring ratusan pelamar. Pembayaran perekrut sebenarnnya tidak besar bila dibandingkan dengan biaya yang dihemat oleh eksekutif itu. Tetapi, ada juga kekurangannya. Sebagai seorang pengusaha penting bagi Anda untuk menjelaskan secara lengkap jenis calon karyawan Beberapa perekrut juga cenderung menjadi penjual daripada sebagai professional. Mungkin mereka lebih tertarik membujuk Anda untuk mempekerjakan seorang calon karyawan daripada menemukan seseorang yang akan benar-benar melakukan pekerjaan itu. Perekrut juga menyatakan bahwa apa yang katakannya diinginkan oleh klien mereka sering tidak benar-benar akurat.

7.      Jelaskan perbedaan keandalan (Realibilitas) dan validitas dalam aspek apa kedua hal itu sama?
Jawab :
Ø  Keandalan adalah konsistensi nilai yang diperoleh oleh orang yang sama saat diuji kembali dengan ujian yang sejenis atau setara.
Ø  Validitas adalah persyaratan utama kedua ujian yang menginformasikan apakah ujian tersebut mengukur sesuai dengan yang ingin diukur.
Ø  Persamaan keandalan dan validitas dilihat bahwa keduanya merupakan konsep pengujian dasar untuk melakukan seleksi yang efektif.

8.      Menurut Anda, jenis pekerjaan apa yang paling tepat dengan wawancara terkomputerisasi? Mengapa?
Jawab:
FO (Front Office), karena dengan melakukan wawancara terkomputerisasi ini kepada calon kar
yawan FO membuat pewawancara dapat menilai sejauh mana kemampuan calon karyawan berfikir cepat dan gesit dalam melakukan sesuatu tanpa harus ada pengulangan.

9.      Jelaskan bagaimana menggunakan 5 teknik pelatihan !
a.      On the job training : Melatih seseorang untuk mempelajari pekerjaan sambil mengerjakannya.
b.      Magang : Suatu proses terstruktur dimana pekerjaan dilatih menjadi yang terampil melalui kombinasi pelajaran dikelas dan pelatihan langsung di pekerjaan.
c.       Job instruction training : Daftarkan urutan tugas setiap pekerjaan, dan hal oenting lainnya, untuk memberikan langkah-langkah pelatihan secara bertahap kepada karyawan.
d.      Pelajaran yang terprogram : metode sistematis untuk mengajarkan keterampilan pekerjaan dengan memberikan pertanyaan atau fakta, yang memungkinkan orang itu untuk memberikan respona, dan memberikan orang yang belajar itu jawaban timbal balik yang akurat.
e.      Pelatihan simulasi : Melatih karyawan dengan peralatan khusus di luar pekerjaan, seperti dalam pelatihan pilot penerbangan sehingga biaya dan bahaya pelatihan dapat dikurangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar